Saturday, May 10, 2014

8 Cara Mendapat (Banyak) Uang Lewat Video Game

Posted at  7:48 AM  |  in  Tips dan Trik

Ternyata, aktivitas bermain game tidak hanya menyenangkan. Jika kita cukup jeli dan tekun, kita bisa mengubah hobi bermain video game menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Pasti menyenangkan bukan jika kita bisa mencari uang dengan sesuatu yang sangat kita sukai, seperti bermain game?

Bagaimana caranya? Inilah topik yang akan dibahas secara mendalam di artikel Wikugame berikut. Ingat, untuk bisa menghasilkan uang dari hobi ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan niat, ketekunan, disiplin, dan strategi yang tepat. Di sini, saya akan mencoba membahas beberapa langkah umumnya, dan di artikel lainnya nanti saya akan menulis tentang langkah-langkah yang lebih mendetail. 



8.  Youtube

Ada tiga cara utama yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah (atau bahkan dollar) dengan memanfaatkan YouTube. Sumber dana utama dalam metode ini adalah iklan (akan dijelaskan lebih lanjut lagi di artikel lain)

a. Mengupload video "let's play" di YouTube

Yang dimaksud dengan video "Let's Play" adalah video di mana anda sedang memainkan game tertentu. Untuk melakukan hal ini cukup mudah, anda hanya memerlukan sebuah akun Youtube, sebuah Software yang bisa merekam seluruh aktivitas di monitor anda saat sebuah game dimainkan, software untuk mengedit video, serta mikrofon (tidak wajib). Semakin menarik dan bermanfaat video Let's Play yang anda sajikan, makin banyak pula orang yang mengunjungi channel anda. Jika anda secara rutin mengupload video yang berkualitas, maka pengunjung tak akan segan-segan melakukan "subscribe" (berlangganan) ke channel anda.

Sudah ada banyak contoh gamer yang sukses menjadi jutawan karena mengupload video-video Let's Play mereka di YouTube. Contoh paling terkenal adalah Felix Kjellberg, seorang pria Swedia kelahiran tahun 1989 yang lebih dikenal dengan nama PewDiePie. Hingga artikel ini dibuat, channel YouTube PewDiePie sudah memiliki lebih dari 26 juta pelanggan dan setiap hari menghasilkan puluhan juta views.

Menurut data dari SocialBlade (sebuah perusahaan yang memonitor channel-channel di YouTube), PewDiePie menghasilkan sekitar $140 juta hingga $1,4 juta (antara 1,4 hingga 14 miyar Rupiah) setiap bulannya. 

Tak hanya itu, ia juga secara rutin diundang mengunjungi berbagai konvensi game di seluruh dunia dengan gratis, bahkan mendapat bayaran.



Pertanyaannya, apa yang membuat PewDiePie begitu sukses? Ada tiga faktor: unik (original), konsisten, dan interaktif. 

Faktor pertama adalah keunikan. Video-video PewDiePie memiliki keunikan tersendiri. Namanya mulai dikenal ketika ia mengupload videonya saat bermain game horror. Reaksi ketakutan PewDiePie yang terlihat lucu dan konyol ternyata sangat disukai oleh viewers, dan dalam waktu singkat ia langsung mendapatkan banyak subscribers. Menyadari kesuksesannya ini, PewDiePie mencoba mempertahankan kesan lucu dan konyol dalam video Let's Play, dan hingga saat ini strategi tersebut ternyata sangat tepat.

Faktor kedua adalah konsistensi. Dari mulai terkenal hingga sekarang, PewDiePie sangat aktif dalam mengupload video. Hampir setiap hari kita bisa menemui satu video baru di channel-nya. Terkadang, ia bahkan mengupload 2 sampai 3 video per hari. Konsistensinya ini membuat pelanggan channelnya terhibur, namanya makin populer, dan mengundang pengunjung baru untuk menyaksikan video-videonya.

Faktor ketiga adalah interaktivitas, di mana anda seolah-olah melibatkan viewers anda di dalam video sehingga ada rasa "memiliki." Di setiap akhir videonya, PewDiePie selalu mengajak pengunjungnya untuk melakukan "brofist" virtual melalui monitor komputer. Tak hanya itu, ia juga selalu memperhatikan komentar, kritik, dan saran dari para pengunjung yang menyaksikan videonya. Jika digabungkan dengan keunikan dan konsistensi, interaktivitas ini bisa menjadi senjata maut anda untuk meraih pundi-pundi dollar dari YouTube.


b. Membuat review tentang game tertentu

Video review (ulasan) adalah video yang memuat tentang pendapat seseorang tentang kualitas sebuah game. Singkatnya, review adalah sebuah penilaian sebuah game ditinjau dari berbagai aspek, mulai dari kualitas gambar, suara, gameplay, tingkat kesulitan, dan lain-lain.

Review perseorangan terkadang lebih dicari daripada review yang dibuat oleh perusahaan besar karena dianggap lebih jujur. Contoh gamer yang sukses meraup jutaan dollar dengan membuat review video game adalah Joe Vargas. Channelnya, AngryJoeShow, sudah memiliki lebih dari 1,4 juta pelanggan.

Kesuksesannya tersebut bahkan membuat channel AngryJoe "dibeli" oleh Walt Disney, dan selain mendapat pemasukan dari iklan, ia juga mendapat royalti dari WaltDisney. Hal ini membuat Joe Vargas berani keluar dari pekerjaan rutinnya dan bekerja sepenuhnya sebagai pembuat review video game. 

Sama seperti PewDiePie, video-video Joe memiliki keunikan, konsistensi, dan interaktivitas yang sangat tinggi.



c. Membuat karya seni yang berhubungan dengan video game

Metode ini bisa berhasil jika anda memiliki bakat seni yang tinggi. Cara yang populer adalah dengan menyanyikan lagu soundtrack sebuah video game dan menguploadnya ke YouTube. Jika orang-orang menyukai hasil karya anda, video anda dengan cepat pasti akan menjadi populer, dan uang pun akan berdatangan dengan sendirinya.

Contoh nyata dari Youtuber jenis ini adalah Malukah, seorang musisi wanita asal Meksiko. Ia menyanyikan cover soundtrack game Skyrim yang sangat populer, membuatnya bahkan diundang secara langsung oleh Bethesda (produser game Skyrim) untuk datang ke markas mereka. Tak hanya itu, Malukah juga beberapa kali diminta mengisi konser live di berbagai negara dalam berbagai acara video game yang bergengsi.


7. Menjual barang-barang virtual di dunia game online

Metode ini mulai populer di Indonesia sejak zaman Ragnarok Online di awal tahun 2000-an. Di sini, anda menjual berbagai barang dalam video game online seperti senjata, armor, gold (uang dalam game), karakter, atau jasa menaikkan level. Barang-barang virtual tersebut ditukar dengan uang Rupiah (atau bisa juga dalam bentuk pulsa) untuk para pembeli yang berminat. Prospeknya juga cukup bagus, dan saya sendiri mengenal seorang gamer yang bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan menjual berbagai barang maupun karakter di game online.


6. Bisnis rental/ penjualan kaset dan aksesoris game


Kecintaan dan hobi anda pada dunia game bisa mendorong anda untuk melakukan bisnis nyata yang berhubungan dengan hal ini. Menurut Steve Jobs, bisnis yang dilakukan dengan dasar "passion" dan "love" memiliki peluang sukses yang lebih besar dari bisnis yang bertujuan untuk mencari keuntungan finansial semata. Pengalaman anda memainkan game-game tertentu dan kecintaan anda pada dunia ini pastinya bisa menghasilkan sebuah bisnis yang unik dan berbeda. Pastikan untuk menyediakan berbagai service untuk pelanggan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Pastikan pula untuk menyediakan stok game-game berkualitas yang langka, yang menurut anda wajib dimainkan oleh gamer lain. Jalin hubungan baik dengan pelanggan dengan bertukar pengalaman anda memainkan game-game tersebut. Update info pelanggan dengan berbagai informasi tentang game-game baru yang sedang hot. Jika ditunjang dengan strategi bisnis yang tepat, metode ini juga bisa menjadi penghasil uang yang luar biasa.


5. Menciptakan video game anda sendiri


Metode ini cukup sulit dan memerlukan kemampuan khusus serta ketelatenan. Intinya, anda di sini harus membuat sebuah game yang cukup menarik, yang mampu mendatangkan sponsor dan investor yang bersedia untuk memberi anda sejumlah uang untuk memproduksi game tersebut. Biasanya, untuk membuat game diperlukan kemampuan bahasa programming, desain, marketing, dan masih banyak lagi. Karena membuat sebuah game bukanlah sebuah pekerjaan yang sederhana, biasanya diperlukan satu tim untuk merampungkannya.

Namun jangan salah, game yang dibuat secara sederhana pun bisa meraih sukses yang luar biasa. Masih ingat sosok Dong Nguyen, seorang anak muda pembuat game Flappy Bird? Flappy Bird adalah game yang sangat sederhana yang bisa dikerjakan oleh satu orang. Namun karena gameplay-nya yang unik dan menarik (ditambah dengan sedikit faktor keberuntungan), permainan tersebut menjadi populer di seluruh dunia.

Menurut data dari Wikipedia, Nguyen mampu menghasilkan sekitar $50,000 (sekitar Rp. 500.000.000,00) PER HARI di puncak popularitas Angry Bird.

Saat ini, sudah banyak aplikasi sederhana yang bisa didownload untuk membuat sebuah game. Tak hanya game sejenis Angry Bird, ada pula aplikasi pembuat game bernama RPG Maker yang cukup sederhana. Ingat, sesederhana apapun sebuah game, anda tetap harus menguasai bahasa pemrograman (setidaknya ActionScript sederhana), desain, dan tentu saja mental baja untuk menyelesaikan game tersebut.

Sebagai referensi, sudah ada banyak video game buatan Indonesia yang beredar di pasar internasional.


4. Menulis e-book/ buku/ majalah tentang video game

Anda bisa mencoba untuk menulis dan menerbitkan buku atau majalah yang berhubungan tentang dunia game. Di dalamnya, anda bisa menulis berbagai hal, mulai dari informasi terbaru, walkthrough, cheat, maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan video game. Di Indonesia sempat ada GameStation dan HotGame yang memimpin industri majalah video game.

Anda bisa juga memanfaatkan teknologi dengan membuat e-book alias buku digital. Intinya, anda tidak perlu mencetak majalah game tersebut, melainkan cukup menjualnya dalam bentuk file. Hal ini lebih mudah dilakukan, di mana anda bisa membuka toko hanya dengan membuat akun eBay atau Amazon dan pembeli bisa melakukan transaksi melalui internet.

Metode ini akan lebih cepat menghasilkan uang jika anda memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang bagus. Otomatis, jangkauan pasar anda akan jauh lebih luas, tidak terbatas hanya di Indonesia saja.


3. Mengikuti kompetisi game


Hal ini sudah jelas. Anda mengikuti kompetisi game yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Biasanya, game yang dipertandingkan adalah game-game populer seperti Starcraft, DotA, Call of Duty, PES, Fifa, dan sebagainya. Hadiahnya bervariasi, antara ratusan ribu rupiah hingga puluhan ribu US dollar, tergantung pihak yang menyelenggarakan acara ini.

Sebuah kompetisi game internasional, seperti "Independent Game Festival" menyediakan hadiah hingga $30,000 (sekitar Rp 300.000.000,00) untuk pemenang pertama. 

Karena potensi yang cukup bagus, baik secara finansial maupun popularitas, beberapa negara seperti Korea Selatan dan Singapura memiliki semacam akademi yang melatih para gamer untuk berkompetisi di dunia internasional. Jika anda merasa yakin dengan kemampuan game yang anda miliki, tak ada ruginya untuk mencoba mendapatkan uang dengan cara ini.


2. Membuat website video game

Metode ini juga relatif mudah selama anda memiliki kemampuan menulis, sedikit pengetahuan desain website, dan konsistensi. Anda bisa mencoba membuat website tentang video game, yang di dalamnya berisi informasi, walkthrough, cheat, review, atau artikel-artikel lainnya. Website tersebut juga bisa dikombinasikan dengan berbagai video yang diupload melalui YouTube. Contoh website video game yang sukses meraih jutaan dollar antara lain adalah IGN dan GameSpot.

Satu hal yang perlu diperhatikan, agar sebuah website bisa sukses, diperlukan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus. Anda setidaknya memerlukan 200 artikel dan 10.000 pengunjung perhari untuk bisa menghasilkan uang yang signifikan setiap bulannya. Perlu diperhatikan juga, artikel-artikel dalam website tersebut juga harus original dan berkualitas, tidak bisa hanya sekedar copy-paste dari website lain karena hal itu akan berpengaruh buruk terhadap ranking web anda di Google. Selain memiliki kemampuan untuk menulis artikel dan mendesain website, pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization) juga akan sangat membantu dalam bisnis jenis ini.


1. Menggunakan hobi bermain video game sebagai suatu motivasi untuk mempelajari hal baru

Brian Wong, seorang pecandu game sekaligus pendiri perusahaan
bernilai jutaan dollar.

Brian Wong, seorang pemuda kelahiran tahun 1991 yang merupakan co-founder Kiip adalah seorang maniak video game. Saat berusia 19 tahun, ia sudah menghasilkan jutaan dollar dari Kiip, sebuah aplikasi mobile yang berhubungan dengan dunia game. Dalam film dokumenter yang berjudul "The Start Up Kids,"

Wong mengaku bisa menghabiskan waktu hingga 10 jam sehari untuk bermain Counter Strike. Ia bahkan menduduki ranking satu di beberapa server internasional Counter Strike. 

Kegilaannya terhadap dunia game tersebut ternyata membuatnya ingin menciptakan game-nya sendiri. Wong-pun mempelajari programming dan desain, pembuatan website, dan hal-hal yang erat kaitannya dengan teknologi. Mimpinya tersebut menghasilkan sebuah perusahaan bernama Kiip, yang membuatnya menjadi salah satu jutawan termuda di dunia.

Dari cerita Brian Wong ini, kita bisa mempelajari bahwa video game bisa menjadi sesuatu yang memotivasi kita untuk menciptakan karya yang lebih nyata. Seperti kasus Brian Wong, jangan hanya puas jika sudah bisa menyelesaikan sebuah game, atau memecahkan rekor tertentu. Jadikanlah hobi anda untuk bermain game sebagai pendorong untuk membuat sesuatu yang lebih besar. Tak perlu berlebihan, anda bisa menggunakan video game sebagai motivasi untuk lebih rajin belajar, lebih rajin menulis, dan menjadi individu yang lebih berkualitas. Jadikanlah momen-momen bermain video game sebagai suatu "hadiah" untuk diri anda ketika anda berhasil menyelesaikan suatu tugas.

Nah, itu tadi berbagai tips dari Wikugame untuk mendapat uang melalui video game. Nantikan juga artikel selanjutnya yang masih berhubungan dengan topik ini, tentang "Sumber-sumber dana untuk mencari uang dari video game" dan "Berbagai keterampilan yang bisa membantu anda untuk mencari uang dari video game." All the best!

SUMBER: "Tips Rahasia Menghasilkan Milyaran Rupiah dari Video Game"

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top